Mengenai Saya

Foto saya
Bogor, Jawa Barat, Indonesia

Selasa, 03 Januari 2012

IPS

IPS berasal dari literature Amerika Serikat yaitu dengan nama social studies, di Indonesia social studies dikenal dengan nama studi social. Dalam kurikulum 1975, Pendidikan Ilmu Social kemudian ditetapkan dengan nama Ilmu Pengetahuan Solial ( IPS ).
IPS merupakan sebuah mata pelajaran yang dipelajari dari tingkat pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi pada jurusan atau program studi tertentu yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan ilmu sosia, memuat materi geografi, sejarah, sosiologi dan ekonomi. Melalui mata pelajaran ips anak diarahkan untuk dapat menjadi warga Negara Indonesia yang demokratis bertanggug jawab, serta warga dunia yang cinta damai dengan mempertimbangan aspek kemasyarakatan dan ilmu – ilmu social yang dikaji dalam IPS.

Tujuan Ips  yaitu :

•    Pengetahuan , adalah kemahiran dan pemahaman terhadap sejumlah informasi dan ide – ide .
•    Keterampilan, terdiri dari berpikir, akedemik, penelitian, dan sosial.
o    Berpikir  : kemampuan mendeskripsikan dan mlahirkan ide-ide baru.
o    Akademik  : kemampuan membaca dan menginteprestasika peta serta membuat catatan.
o    Penelitian : mendifinisikan masalah , maearik kesimpulan dan memodifikasi hipotesis.
o    Sosial : kemampuan bekerja sama dan merespons dalam cara- cara menolong masalah .
•    Sikap , adalah kemahiran mengembangkan dan menerima keyakinan-keyakinan interes, pandangan- pandangan dan kecenderungan tertentu.
•    Nilai , adalah kemahiran memegang sejumlah komitmen yang mendalam, mendukung ketika sesuatu dianggap penting dengn tindakan yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar